Alamat : Jln Lintas Timur Sido Binangun Way Seputih Lamp-Teng 34156 - Order Product silahkan Hub. (Slamet Riadi) 081541222804

Kamis, 03 Maret 2011

Pemasaran Facebook

Dalam pemasaran facebook, ada 4 alat yang bisa kita gunakan. Kebanyakan pemula hanya fokus pada satu alat saja, yaitu profil, dan itu pun masih banyak yang melakukannya dengan cara yang salah. Padahal, selain profil, facebook memiliki group, halaman, dan aplikasi yang bisa Anda gunakan sebagai alat pemasaran yang sangat ampuh. Tentu saja dengan strategi pemasaran yang benar.
Apakah salah memasarkan produk dengan profil? Dikatakan salah sich tidak, meski pun tujuan profil bukan untuk memasarkan produk. Ada halaman yang bisa Anda gunakan untuk pemasaran. Untuk selengkapnya, akan saya bahas satu per satu tentang alat pemasaran di facebook tersebut.

Profil Facebook

Tujuan utama profil adalah untuk menampilkan siapa Anda dan alat berkomunikasi dengan teman. Penekanan pada kata “teman” bukan pasar. Artinya teman Anda bukan pasar Anda. Boleh-boleh saja Anda menawarkan produk atau jasa melalui profil, namun hati-hati karena bisa jadi malah merusak kredibilitas Anda. Justru, menurut saya, profil adalah untuk membangun kredibilitas atau kepercayaan dari orang lain.
Profil lebih baik digunakan untuk membina hubungan dengan orang lain, bukan untuk berjualan. Lalu, kapan kita bisa promosi atau memasarkan produk? OK, ada halaman untuk keperluan ini. Sekarang kita bahas bagaimana memanfaatkan halaman untuk pemasaran Anda.
  1. Karena profil adalah menunjukan siapa Anda, maka gunakan profil untuk memasarkan diri Anda, bukan produk atau jasa. Saat orang sudah percaya pada diri Anda, maka apa pun yang Anda jual akan lebih mudah.
  2. Jadikan profil sebagai alat komunikasi dengan orang lain, membina pertemanan baru, dan membangun jaringan. Kegiatan ini akan sangat mendukung pemasaran Anda.
  3. Bangun personal brand, dengan mengirim posting yang bermanfaat, membantu orang lain, dan bersikap ramah.

Group Facebook

Apakah bisa berjualan di Group? Sekali lagi, group bukan alat untuk pemasaran. Group adalah untuk berkumpulnya orang-orang yang memiliki minat yang sama. Namun begitu, group bisa digunakan untuk membantu proses pemasaran, diantaranya:
  1. Membangun jaringan, baik jaringan pemasar, pemasok, maupun untuk referal.
  2. Mendapatkan feedback atau berbagai masukan yang berkaitan dengan produk atau jasa Anda.
  3. Membantu menemukan berbagai masalah, kebutuhan, dan keinginan pasar. Tentu saja harus dilanjuti dengan riset yang lebih menyeluruh, tetapi group bisa memberikan gambaran awal yang cukup membantu.

Halaman Facebook

Nah ini dia. Halaman facebook bisa disebut juga dengan profil publik. Halaman ditujukan untuk berbagai hal, mulai dari komunitas, personal, maupun bisnis. Artinya jika Anda menggunakan halaman facebook untuk pemasaran Anda, maka Anda melakukan langkah yang tepat.
Apakah bisa berjualan di halaman? Tentu saja bisa, tetapi halaman bukan hanya untuk berjualan, tetapi untuk membangun brand, menjalin relasi dengan pelanggan, mendapatkan feedback, dan mendapatkan manfaat viral marketing.
Berikut adalah ide-ide yang bisa Anda gunakan dalam pemanfaatkan halaman facebook untuk pemasaran:
  1. Buat nama facebook sesuai dengan brand atau merk yang Anda miliki. Pastikan Anda memang pemegang hak merk tersebut karena nanti diperlukan verifikasi. Ini akan membantu visibilitas merk Anda.
  2. Integrasikan halaman facebook dengan website atau blog karena akan saling menguatkan.
  3. Integrasikan halaman facebook dengan pemasaran email. Dengan menggunakan tab khusus (FBML) Anda bisa membuat formulir pendaftaran email.
  4. Integrasikan halaman facebook dengan pemasaran offline Anda. Ini akan menjadikan halaman facebook Anda tampak real dan sebaliknya Anda bisa “menangkap” pelanggan dari pemasaran offline melalui halaman facebook.

Aplikasi

Facebook juga memiliki banyak aplikasi, baik yang dibuat oleh facebook maupun oleh pihak ketiga. Jumlahnya sangat banyak yang tidak mungkin dibahas dalam satu artikel. Aplikasi yang dibuat oleh facebook seperti Event (acara), Notes (catatan), Forum, video, koleksi foto, dan tautan (link). Jika Anda sudah akrab dengan facebook, saya yakin sudah akrab pula dengan aplikasi diatas.
Pahami bagaimana karakter dan kegunaan aplikasi tersebut kemudian pikirkan bagaimana cara memanfaatkannya.
Begitu juga dengan aplikasi yang dibuat oleh pihak ketiga, sangat banyak jumlahnya. Untuk halaman, saya selalu menggunakan aplikasi FBML untuk menambah fungsi halaman saya. Contohnya bisa dilihat pada halaman yang saya kelola:
Motivasi Islami. Klik tab “Hadiah Gratis”. Itu adalah tab yang dibuat dengan menggunakan aplikasi FBML.
Belajar Bahasa Inggris. Klik tab “Kursus”. Itu adalah tab yang dibuat dengan menggunakan aplikasi FBML.
Dan masih banyak aplikasi-aplikasi lainnya yang bisa Anda manfaatkan untuk pemasaran Anda.
Selain keempat hal diatas, masih ada program periklanan PPC atau PPM untuk mempercepat promosi Anda.
OK, sudah saya jelaskan gambaran umum tentang pemasaran facebook, semoga bermanfaat untuk Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas waktu dan kunjungannya

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More